Jumat, 30 November 2018

Catatan Akhir Tahun 2018

Iqra', biasa diterjemahkan dengan “bacalah”, merupakan kata pertama dari wahyu yang disampaikan Tuhan kepada Nabi Muhammad saw. ... 

Pesan yang disampaikan Nabi kepada kita ini  sepertinya kurang dihayati oleh orang di Indonesia. Buktinya minat baca masyarakat Indonesia berdasarkan hasil penelitian World's Most Literate Nations yang dilakukan Central Connecticut State University , New Britain, Amerika Serikat, pada Maret 2016 lalu, Indonesia bahkan dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam minat membaca. Sungguh ironis di negeri yang mayoritas beragama Islam.
Fakta ini dibuktikan nggak cuma lewat rendahnya minat baca buku maupun tulisan-tulisan berbentuk cetak saja, tapi juga dari berbagai komentar maupun pertanyaan yang sering kali dilayangkan netizen. Banyak netizen Indonesia yang kerap malas atau nggak membaca penjelasan yang sudah tertulis dan malah bikin orang lain geleng-geleng kepala melihatnya, mulai dari yang belanja online sampai men-download aplikasi di handphone. 
Ini yang kadang-kadang  membuat saya geram, kok ya mau bodoh lama-lama hehehe. ya tapi itulah, dalam kehidupan kita harus menerima perbedaan, karena kehidupan itu adalah perbedaan, tidak akan ada kehidupan bila tidak ada perbedaan. Iya kan?? 
Sudah lama sepertinya saya tidak menulis, baru kepikiran lagi untuk menulis lagi setelah merasa gemes sendiri melihat orang semakin bangga akan ketidaktahuannya namun merasa paling tahu. Bacalah teman, maka kamu akan banyak menghargai perbedaan.
Menurut saya, orang yang banyak membaca adalah orang yang mau menghargai dan menerima beraneka ragam berbedaan, mengapa? dari setiap buku yang dibaca tentunya penulisnya berbeda-beda kan?, dan dari penulis yang berbeda tersebut kita menerima apapun opini mereka dalam bentuk buku yang mereka tulis, apapun buku itu, .dan akhirnya kita pun bisa melihat  perbedaan dari sisi 'Helicopter View' dan kalau sudah begini tentunya kita bisa cepat mengambil kesimpulan tanpa perlu dipengaruhi oleh orang lain. be smart ya teman.
Artikel ini untuk mengobati rasa rindu saya untuk bisa ngeblog lagi, dan semoga alam semesta mendukung.




Tidak ada komentar: